Entri Populer

Senin, 11 Juni 2012


NONGKOJAJAR


Dari post sebeum-sebelumnya dapat di lihat bahwa pada daerah nongkojajar dipengaruhi oleh proses-proses tektonisme dan vulkanisme, karena dapat dilihat pada gambar yang terdapat pada post pertama yang menunjukkan bahwa daerah nongkojajar merupakan daerah lereng bawa gunung bromo tengger.sehingga dapat di pastikan bahwa daerah nongkojajar di pengaruhi oleh aktivitas vulkanisme dari gunung bromo. Dan pada proses vulkanisme pun tidak lain adalah salah satu dampak dari pergeseran atau pergerakan lempeng kerak bumi sehingga dapat di simpulkan bahwa pada daerah nongkojajar di pengaruhi oleh proses vulkanisme dan tektonisme. Hal ini dapat pula di lihat pada gambar di post ke-dua yang menunjukkan bahwa proses vulkanisme juga di pengaruhi oleh proses tektonisme (pergerakan lempeng kerak bumi) karena tanpa adanya proses tektonisme gunung berapi tidak akan terbentuk. 
sedangkan untuk proses denudasi banyak terjadi pada daerah nongkojajar karena pada daerah ini memiliki topografi atau kelerengan yang cukup curam karena daerah nongkojajar terletak pada bagian torehan dari lereng gunung bromo tengger, sehingga memiliki topografi yang cukup tinggi (elevasi tinggi dan lereng yang curam), iklim atau curah hujan pada daerah nongkojajar cukup tinggi sehingga pada pengikisar pada bahan-bahan batuan dapat terjadi dengan waktu yang relatif tidak lama, dan yang terakhir adalah aktivitas manusia pada daerah nongkojajar lebih dari 70% penduduknya merupakan seorang petani sehingga kegiatan pertanian pada daerah nongkojajar berkembang dengan sangat pesat. sehingga dapat di simpulkan bahwa pada daerah nongkojajar juga terjadi proses denudasi.
dan untuk proses deposisi pada daerah nongkojajar dapat di lihat pada sungai-sungai yang terdapat pada daerah ini, pada beberapatahun yang lalu pada sungai-sungai banyak sekali terdapat batu-batuan yang sangat besar yang di mungkinkan batuan tersebut merupakan batuan dari material gungung bromo yang membeku dan terangkut dari bagian hulu gunung bromo sehingga mengendap di daerah nongkojajar. itulah proses deposisi yang dapat saya ceritakan pada daerah nongkojajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar