Entri Populer

Senin, 11 Juni 2012


VULKANISME
Tenaga tektonik dapat mengakibatkan gejala vulaknisme. Gejala vulkanisme berhubungan dengan aktivtas keluarnya magma di gunungapi. Proses keluarnya magma ke permukaan bumi disebut erupsi gunungapi. Proses vulkanisme terjadi karena adanya magma yang keluar dari zona tumbukan antarlampang. Beberapa gunugapi ditemukan berada di tengah lempeng yang disebsbkan oleh tersumbatnya panas di kerak bumi gejala ini disebut titik panas (hotspot).Para ilmuan menduga aliaran magma mendesak keluar membakar kerak bumi dan melutus di permukaan.
Vulkanisme adalah fenomena yang berhubungan dengan gunung berapi dan aktivitas vulkanik. It includes all phenomena resulting from and causing magma within the crust or mantle of a planet to rise through the crust and form volcanic rocks on the surface. Ini mencakup semua fenomena yang dihasilkan dari dan menyebabkan magma dalam kerak atau mantel dari sebuah planet untuk bangkit melalui kerak dan membentuk batuan volkanik di permukaan.
Magma dari mantel bumi naik melalui kerak planet ini, jika magma dari mantel mencapai permukaan planet itu berperilaku berbeda tergantung pada viskositas dari cair konstituen batu . Viscous (thick) magma produces volcanoes characterised by explosive eruptions , while non-viscous (runny) magma produce volcanoes characterised by an effusive eruptions pouring large amounts of lava onto the surface. Kental (tebal) magma gunung berapi menghasilkan ditandai oleh letusan eksplosif , sementara non-viskos (meler) magma gunung berapi menghasilkan ditandai oleh letusan efusif menuangkan sejumlah besar lava ke permukaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar